Sistem Operasi Windows 7

667 views

Sistem Operasi Windows 7 – Melajutkan posting mengenai sistem operasi windows, kalo sebelumnya membahas mengenai windows vista, kali ini akan membahas windows versi selanjutnya yakni Windows 7 yang dirangkum dari berbagai sumber di internet :p

windows 7

Windows 7 Sistem Operasi Windows yang dirilis untuk publik pada tanggal 22 Juli 2009, menggantikan versi sebelumnya yakni windows vista. Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows.

Melihat tampilan desktop nya windows 7 tak jauh berbeda dengan windows vista, namun sudah disempurnakan seperti tombol start yang terlihat lebih hidup dan juga desain ulang taskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar. Windows 7 juga sering disebut penyempurnaan dari windows vista.

Versi dari Windows 7 antara lain  Windows 7 Starter, Windows 7 Home Basic, Windows 7 Home Premium, Windows 7 Enterprise, Proffesional, dan Windows 7 Ultimate.

Spesifikasi Install Windows 7

  • Processor 1GHz (req)
  • RAM 1GB (req), 2GB (rec)
  • GPU mendukung DirectX 9 dan WDDM Driver Model 1.0
  • GPU Memory 64 MB RAM (req) 128 MB RAM (Rec)
  • HD space 16 GB (req) 20 GB (rec)
  • DVD

Fitur Menarik Windows 7
a. Windows Touch, Windows 7 telah mendukung fitur touchscreen seperti pada Netbook atau Notebook.

b. Action Center, fitur untuk mengatur alert atau peringatan apa saja yang Windows 7 boleh tampilkan, sangat berguna untuk mengontrol UAC Messages yang memang tidak bisa didisable secara permanen.

c. Aero Shake, Klik dan goyangkan satu jendela atau Windows yang sedang terbuka, maka program ataupun windows lainya yang berada di belakang akan secara otomatis ter-Minimize.

d. Aero Snap, drag salah windows ke salah satu ujung desktop (atas, kiri atau kanan) maka secara otomatis Windows tersebut akan me-resize.

e. Aero Peek, Arahkan mouse anda ke ujung bawah sebelah kanan maka secara otomatis windows atau program yang sedang aktif akan menjadi transparan sehingga kita bisa melihat gadget atau icon yang ada di desktop atau bisa juga dengan menekan tombol Windows+Space.

f. Aero Templates dan Theme, kumpulan theme yang unik untuk Windows 7. Untuk mengakses dan menginstal Theme tersembunyi di Windows 7, silahkan ketikan pada kolom Search Program and Files di Star Menu “C:WindowsGlobalizationMCT” tanpa tanda kutip, dan sesuaikan drive C dengan lokasi instalasi Windows 7 anda. Disini kita bisa mendapatkan theme unik sesuai dengan lokasi wilayah yakni Australia, Kanada, Inggris, sampai Afrika.

g. Device Stage, fungsinya untuk mempermudah kita melihat device apa saja yang tersambung ke laptop atau komputer kita, seperti bluetooth, kamera, printer, sampai kepada flashdisk ataupun kartu memori.

h. Gadgets, telah ada di Windows Vista namun di Windows 7 kali ini tidak ada lagi yang namanya Sidebar, itu artinya kita bisa meletakkan Gadgets dimana saja di desktop kita.

i. Home Group, memudahkan kita dengan cepat dan mudah membuat sebuah home network antara dua komputer atau lebih mempergunakan Windows 7

j. Jump List, fitur cukup menarik, klik kanan pada sebuah icon program di Taskbar dan anda bisa melihat daftar file-file yang pernah dibuka oleh program tersebut (recent file) sehingga memudahkan anda membuka sebuah file.

k. Libraries, sesuai namanya disini kita bisa dengan mudah mencari, mengorganisir file music, dokumen lainnya, foto sampai kepada video.

l. Location Aware Printing, sangat berguna terutama bila sering menggunakan laptop berpindah-pindah tempat, misal di rumah, kantor ataupun warnet. Dengan adanya Location Aware Printing, Windows 7 akan mengingat printer sampai jaringan yang digunakan, sehingga ketika kita berada di rumah secara otomatis Windows 7 akan mempergunakan default printer yang ada di rumah, bila beralih ke kantor, Windows 7 pun akan secara otomatis mengingat printer yang di kantor.

m. Fungsi Play, klik kanan pada file musik (lagu) lalu klik Play

n. Windows Media Player 12, kalau anda sering memainkan file berformat 3GP, jangan khawatir di Windows 7 anda tidak perlu menginstal program khusus untuk memutar file 3GP, sebab WMP 12 telah mendukung file tersebut.

o. Windows XP Mode, fitur yang masih jarang dipakai para pengguna windows 7 yang digunakan untuk untuk program-program yang tidak kompetible dengan Windows 7 dengan mode xp.

Kelebihan Windows 7
a. Durasi waktu booting/booting delay time lebih cepat (jika spec kompi ente standart :p)
b. Konsumsi daya lebih irit, sehingga lebih stabil dari pada windows Vista karena konsumsi daya yang lebih sedikit
d. Optimasi pada proses load data untuk HD maupun SSD
e. Adanya aplikasi Device Storage, Fitur baru untuk memudahkan kita menampilkan semua hal yang berhubungan dengan peripheral tertentu, seperti fitur konfigurasi dan dan dokumentasi.
f. Dapat memilih Jaringan Wireless Hanya dengan 1 klik dari system tray
g. Mendukung Teknologi multi touch ( layar sentuh )
h. System pencarian data yang lebih cepat
i. Tampilan dan aplikasi Lebih Menarik , seperti Snap, Home Group, Jump List, Windows Media Center, Windows Live Essentials, Web Slices, Parental Control dll.

Kekurangan Windows 7
a. Banyak software yang tidak kompatible dengan windows 7
b. Membutuhkan spec kompi yang lumayan tinggi
c. Sering terjadi crash pada sistemnya.

Nah itu tadi Sekilas Mengenai Windows 7, sistem operasi windows yang dijadikan standart kedepan untuk windows dan yang saat ini keluarnya windows 8. Sekian posting kali ini, semoga bermanfaat..

Kata kunci pencarian terakhir:

Hosting Unlimited Indonesia