Pengertian dan Sejarah Komputer

423 views

Pengertian dan Sejarah Komputer – Di jaman modern seperti sekarang ini setiap orang pasti sudah tidak asing dengan benda yang satu ini. Rata-rata orang memiliki komputer jinjing atau lebih dikenal dengan nama laptop/ notebook. Postingan kali ini sebagai pembelajaran saja, kususnya bagi mereka yang masih awam mengenai komputer dan sejarahnya yang dirangkum dari berbagai sumber tanpa merubah makna yang terkandung didalamnya.

mengenal pengertian komputer

 

Apa Itu Komputer ?

Istilah komputer mempunyai arti luas, kata komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang artinya menghitung, dalam bahasa inggris di sebut to compute. Secara difinisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang salingbekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) yang terorganisasi dibawah kontrol program yang tersimpan dalam memory.

Pengertian Komputer dari Beberapa Ahli

Robert H. Bilssmer 1985,komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas yaitu menerima input memproses input sesuai dengan intruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

William M Fuori, komputer merupakan suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.

Gordon B. Davis, komputer merupakan tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

Donald H. Saders 1985, komputer merupakan suatu sistem elektronik yang mampu memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirangcang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data input, Blogger Gubugmemprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan intruksiintruksi yang telah tersimpan di dalam memory.

VC. Hamacher ZG, komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memproses sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memory (stored program) dan menghasilkan output informasi

Dari beberapa difinisi tersebut diatas dapat diambil kesimpulan, bahwa komputer adalah :

  • Alat elektronik
  • Dapat menerima input data
  • Dapat mengolah data
  • Memberkan informasi
  • Menggunakan suatu program yang tersimpan di memory komputer (stored program)
  • Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
  • Bekerja secara otomatis

Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data yang menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware.

  1. Hardware atau Perangkat Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa di jamah.
  2. Software atau Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
  3. Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.

Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.

 

 

Sejarah Singkat Komputer

Dilihat dari arti kata komputer yang berarti menghitung, maka sudah ada sedikit gambaran bahwa komputer dahulu diciptakan sebagai alat hitung. Mulai dari alat hitung tradisional dan kalkulator mekanik, komputer ukuran besar dengan penggunaan tube vakum, komputer agency dengan ukuran raksasa, sampai yang sudah mulai dijual ke umum. Melihat perkembangan komputer sendiri, kurang lebih ada lima generasi komputer sampai komputer saat ini yang merupakan suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.

Untuk lebih jelasnya mengenai sejarah lengkap komputer, silahkan dicari di ensiklopedia. Rasanya tidak akan muat jika di posting disini. Semoga bermanfaat  🙂

Hosting Unlimited Indonesia