Pengertian dan Contoh Perintah File Bacth

843 views

Mengenal Perintah pada File Bacth – Kali ini Blogger Gubug akan sedikit membahas mengenai contoh Perintah Pada File Batch. Sebelumnya bagi yang belum mengerti apa itu File Batch, simak ulasan berikut.

File Batch atau sering dikenal dengan file berektensi .bat merupakan file yang berisi sekumpulan Perintah Internal ataupun Perintah Eksternal DOS, dan siap dieksekusi bila file tersebut dijalankan melalui Prompt DOS.

Perintah pada file bacth bermacam-macam, sekarang ini masih banyak digunakan untuk membuat aplikasi sederhana ataupun membuat program penghancur (Virus) dan juga penawarnya (Antivirus). Berikut contoh membuat perintah file bacth sederhana.

Langkah membuat File Batch

1. Buka MS-DOS atau Command Prompt
2. Setelah muncul jendela Dos Prompt silahkan ketikkan Edit
3. Akan muncul layar biru, silahkan anda ketik kode berikut

@Echo off
CLS
ECHO SELAMAT DATANG di
ECHO Blogger Gubug
ECHO Kumpulan Informasi Internet
PAUSE > NUL
ECHO Terimakasih Sudah Berkunjung..

perintah file batch

4. Setelah menuliskan perintah diatas kemudian klik File Save beri nama Pesan.bat, kemudian klik File Exit. Untuk menjalankan tinggal ketikkan nama file tadi yakni Pesan.bat pada command prompt atau double klik file pesan.bat tersebut.

5. Atau jika ingin lebih mudah, bisa mengetikkan perintah diatas pada Notepad kemudian Save As ektensi namaFile.bat misal Pesan.bat untuk menjalankan tinggal double klik file yang disimpan tadi. Untuk hasilnya seperti gambar dibawah.

contoh file batch

 

Contoh macam macam Perintah File Batch

 @ Simbol ini sering ditulis sebagai @ ECHO OFF untuk mencegah ditampilkannya perintah di sebelah kanan layar dalam Batch file, jadi yang ditampilkannya hanyalah hasilnya.
 ECHO Digunakan untuk menampilkan pesan dalam batch file. Misal Echo Selamat Datang digunakan untuk menampilkan pesan Selamat Datang.
 ECHO. Digunakan untuk memberikan jarak satu baris kosong pada layar.
 REM Kependekan dari REMARK merupakan suatu perintah yang mengakibatkan suatu baris perintah menjadi tidak berfungsi, akan diabaikan dan tidak diproses.
 PAUSE Merupakan perintah untuk meminta satu ketikan tombol sembarang, dimana pesan yang ditampilkan adalah Press any key to continue… Untuk menghilangkan pesan ini dapat diketikkan PAUSE > NUL
 GOTO LABEL Digunakan untuk pergi ke label tertentu, seperti LABEL. An example of GOTO would be to GOTO END. Contoh GOTO adalah untuk GOTO END.
 CALL Digunakan untuk memanggil file bat lain, karena bila kita tidak menyebutkan CALL, maka setelah satu file batch lain dipanggil proses akan berhenti di file itu.
 :LABEL Dengan menambahkan titik dua didepan sebuah kata, misalnya LABEL, Anda akan membuat kategori atau yang lebih dikenal dengan label. Hal ini memungkinkan Anda untuk melompat ke bagian tertentu dari sebuah file Batch.
 PAUSE Merupakan perintah untuk meminta satu ketikan tombol sembarang, dimana pesan yang ditampilkan adalah Press any key to continue… Untuk menghilangkan pesan ini dapat diketikkan PAUSE > NUL
 :: Salah satu dari dua cara untuk menambahkan komentar kedalam file Batch tanpa ditampilkan atau mengeksekusi baris komentar ketika file batch dijalankan.
 : LABEL Dengan menambahkan titik dua didepan sebuah kata, misalnya LABEL, Anda akan membuat kategori atau yang lebih dikenal dengan label. Hal ini memungkinkan Anda untuk melompat ke bagian tertentu dari sebuah file Batch.
 CHOICE Memungkinkan file Batch dan script menunggu user untuk memilih satu set pilihan.
 CLS Sama seperti perintah DOS, yaitu digunakan untuk menghapus layar.
 EXIT keluar dari jendela DOS jika file batch berjalan dari Windows
 IF Digunakan untuk memeriksa kondisi tertentu jika kondisi tersebut tersedia.
 SHIFT Perubahan posisi parameter dalam Batch file.
 START Untuk menjalankan suatu aplikasi.

Nah itu tadi Contoh sederhana Perintah pada File Batch beserta beberapa macam Perintah File Bacth, masih banyak lagi perintah yang bisa digunakan dalam Batch File. Sekian posting kali ini, semoga bermanfaat  😉

Hosting Unlimited Indonesia