Obat Batuk Tradisional

650 views

obat batuk tradisionalObat Batuk Tradisional – Obat Herbal Sakit Batuk. Salah satu penyakit yang umum terjadi pada manusia ialah batuk, apalagi jika sudah memasuki musim penghujan ataupun pancaroba. Batuk dapat menyerang siapa saja, dan batuk juga merupakan salah satu penyakit yang mudah sekali menular. Meskipun batuk tergolong penyakit yang biasa mendatangi manusia, sekali terkena batuk, manusia akan kesulitan melakukan berbagai kegiatan secara normal seperti biasanya. Selain itu, batuk juga akan sangat mengganggu di waktu istirahat, ketika sedang tidur. Maka dari itu, anda tidak boleh menyepelekan penyakit yang satu ini. Bagi anda yang sedang terkena gejala batuk jangan khawatir, ada jenis obat batuk tradisional yang sangat ampuh dan mudah sekali mendapatkannya.

 

5 Jenis Obat Batuk Tradisional

1. Jeruk Nipis
Bukan rahasia umum kalau jeruk nipis memang ampuh dalam menyingkirkan batuk yang menyerang, terutama batuk berdahak. Batuk jenis ini disebutkan karena adanya peradangan di lapisan lendir pada saluran pernafasan, selain itu juga karena adanya bakteri atau virus seperti campak, influenza, dan juga tuberculosa.

Jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat batu tradisional, caranya ialah

  • Mencampurkan hasil perasan jeruk nipis dengan kecap manis secukupnya atau bisa juga dengan madu. Gunakan cara ini untuk mengobati batu dengan meminumnya 3 kali dalam sehari, atau
  • Belah jeruk nipis menjadi dua, oleskan belahannya dengan kapur sirih. Bakar kulitnya sampai mengeluarkan buih, peras buah jeruknya lalu tambahkan gula batu secukupnya. Aduk hingga merata, minumlah air perasannya.

 

2. Jahe
Obat batuk tradisional selanjutnya ialah sari jahe. Wedang jahe atau sari jahe sangat bekhasiat bagi anda yang sedang terkena batuk, khususnya batuk yang berdahak.

  • Iris jahe, kemudian jahe tersebut diresbus, pindahkan air rebusan ke gelas, tambahkan gula secukupnya, diaduk hingga merata. Sari jahe siap untuk diminum saat masih hangat, atau
  • Iris jahe yang telah dikupas, campurkan dengan minuman teh yang masih hangat. Konsumsilah sebanyak 3 kali dalam sehari.

3. Kencur
Kencur sangat berkhasiat untuk mengobati batuk, apalagi jika dipadukan bersama jahe. Caranya ialah dengan menyiapkan kencur dan jahe secukupnya, parut keduanya sampai halus, kemudian campur sampai merata. Rebuslah campuran kencur dan jahe itu dalam segelas air yang mendidih. Setelah matang saringlah, buang ampasnya dan gunakan airnya. Minumlah air perasan tersebut sedikitnya 2 kali dalam sehari.

4. Daun Sirih
Daun sirih juga menjadi obat herbal yang manjur untuk mengobati batuk. Caranya ialah dengan merebus daun sirih secukupnya bersama dengan irisan jahe. Minum air rebusan tersebut sedikitnya 1 kali dalam sehari supaya tubuh menjadi hangat dan sehat.

5. Belimbing Wuluh
Meskipun belimbing wuluh berasa asam, namun ia mampu mengobati batuk secara alami. Caranya ialah dengan membersihkan 10 buah belimbing wuluh, kemudian diparut sampai halus, campurkan hasil parutan ke dalam segelas air, beri sedikit garam. Lalu saring dan buanglah ampasnya, minumlah minimal 2 kali dalam sehari.

 

Nah, itulah beberapa obat batuk tradisional alami yang dapat anda pilih sebagai salah satu cara mengobati batuk. Sedikit tambahan, selain beberapa obat di atas, ada pula jenis obat tradisional lainnya seperti kunyit, madu dan cabe rawit, daun kayu putih, gula merah dan asam jawa, serta jahe merah, semua ini dapat anda gunakan untuk mengobati batuk yang diderita. Sekian tips kesehatan kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat 😉

Tags: #obat alami batuk #obat batuk tradisional #obat herbal

Hosting Unlimited Indonesia