Mengenal Sistem Operasi Windows XP

914 views

Sistem Operasi Windows XP – Melanjutkan posting sebelumnya mengenai Windows 98 dan Windows 2000 pada postingan kali ini akan membahas mengenai Windows XP. Tentu anda semua sudah tak asing lagi dengan sistem operasi keluaran Microsoft satu ini yang diyakini paling stabil dari semua produk sistem operasi lainnya.

Terbukti walupun sudah diluncurkannya versi terbaru dari windows yakni Windows 8, masih banyak yang setia menggunakan windows xp, selain alasan kestabilan sistem nya dan juga fitur yang user friendly (mudah digunakan), windows xp tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai windows xp dari wikipedia dan berbagai sumber lain.

desktop windows xp

Sistem Operasi Windows XP

Windows XP merupakan Sistem Operasi Windows keluaran perusahaan software terbesar yakni Microsoft yang dirilis pada tanggal 25 Oktober 2001. Setelah Windows ME dianggap kurang sukses menyaingi kesuksesan Windows 98, Microsoft pun akhirnya memutuskan untuk mengawinkan sistem operasi berbasis Windows NT dengan sistem operasi berbasis Windows 9x ke dalam sebuah produk.

Itulah yang kita kenal sekarang dengan Windows XP. Versi windows yang dianggap paling sempurna dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya atau bahkan dari windows vista maupun windows 7 untuk urusan kestabilan sistemnya.

Specifications Minumum Untuk Install Windows XP

  • Prosesor 300 MHz (rec), 233 MHz (req)
  • RAM 128 MB (rec), 64 MB (req)
  • HD space 1,5 GB
  • VGA (800 x 600)
  • CD-ROM

Versi dari Windows XP :

  • Windows XP Professional
  • Windows XP Home Edition
  • Windows XP Media Center Edition
  • Windows XP Tablet PC Edition
  • Windows XP Professional x64 Edition
  • Windows XP Professional 64-bit Edition for Itanium
  • Windows XP Starter Edition

1. Fitur Windows XP

a. Dukungan terhadap system domain Active Directory
Active Directory adalah system domain yang digunakan di dalam Windows Server 2000 dan Windows Server 2003, dengan menggunakan Active Directory, sistem-sistem Microsoft windows dapat diatur dari satu tempat saja yaitu dari sistem yang menjalankan active directory itu sendiri. Fitur ini sangat berguna jika diaplikasikan dalam perusahaan yang cukup besar, karena akan menyederhanakan semua proses autentikasi.

b. Peningkatan Pengaturan Kontrol Akses
Sebagai sistem operasi yang ditujukan untuk pengguna korporasi, tentunya Windows XP telah dilengkapi dengan fitur pengaturan kontrol akses. Fitur tersebut digunakan untuk membatasi akses terhadap siapa saja yang tidak memiliki hak akses terhadap sebuah objek tertentu. Meskipun hal ini bukanlah teknologi baru, karena telah diimplementasikan dalam sistem operasi berbasis UNIX, implementasi fitur ini dalam Windows XP telah diterapkan secara lebih canggih dibandingkan dengan UNIX, mengingat sistem operasi UNIX membatasi akses dengan menggunakan atribut file permission.

c. Mendukung Sistem Berkas Terenkripsi (EFS)
Merupakan sistem untuk memproteksi data penting sehingga tidak dapat dibuka user lain apalagi komputer lain, kecuali dengan membuka kode. File yang terenkripsi akan berubah warnanya menjadi hijau.

d. Mendukung Manajemen Sistem Secara Terpusat
Diantaranya Manajemen Proses, Manajemen Memori Utama, Managemen Secondary-Storage, Managemen Sistem I/O dan juga Managemen Berkas.

e. Dukungan terhadap Jaringan
Windows XP sangat memudahkan user untuk terhubung dengan jaringan mulai dari remote dekstop, sampai dengan network setup wizard. Sehingga masalah jaringan terlihat mudah dan dapat di atur oleh siapa saja tanpa kemampuan khusus dari user.

2. Fasilitas Windows XP

a. Memiliki kelebihan driver, sehingga tidak perlu menginstall driver terlebih dahulu untuk perangkat lain yang masuk seperti USB.
b. Memiliki menu toolbar yang lebih lengkap
c. Fasilitasnya lebih lengkap dibandingkan dengan versi sebelumnya.
d. Menggunakan kernel NT 5.1 yang terkenal dengan kestabilannya
e. Dengan menggunakan Remote Assistence kita dapat memonitor kerusakan komputer yang terjadi pada komputer lain dari jarak jauh melalui internet.

3. Kelebihan Windows XP

a. Familiar, mudah dipahami dan dioprasikan
b. Tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi.
c. Banyaknya software yang kompatibel dan dukungan driver cukup lengkap.
d. Kestabilan sistem tinggi. Blogger Gubug
e. Aplikasi yang dijalankan pada Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lain melalui internet.
f. Dengan menggunakan Remote Assistence kita dapat memonitor kerusakan komputer yang terjadi pada komputer lain dari jarak jauh melalui internet.
g. Memiliki sistem keamanan yang dapat digunakan untuk melindungi folder-folder khusus agar dapat digunakan oleh pemiliknya sendiri.
h. Windows XP dapat digunakan untuk berbagi aplikasi secara real time ke seluruh dunia.
i. Dapat melihat program apa saja yang sedang berjalan.
j. Mudah ditemui di mana-mana, tidak seperti halnya sistem operasi yang lain.

4. Kekurangan Windows XP

a. Pihak Microsoft sangat membatasi kenyamanan pemakaian terhadap sistem operasi windows xp ini dimana setiap pengguna harus melakukan aktivasi pada periode-periode tertentu.
b. Tidak adanya Java Virtual Machine seperti generasi-generasi Windows sebelumnya.
c. Banyaknya virus yang sering menyerang windows xp.
d. Komunitasnya terlalu sedikit, karena bersifat closed-source.
d. Harga lisenci yang relative tinggi.

Sekain penjelasan kali ini mengenai Sistem Operasi Windows XP, mungkin dari anda masih banyak juga yang setia dengan xp? Semoga bermanfaat..

Kata kunci pencarian terakhir:

Hosting Unlimited Indonesia