Mengenal Sistem Operasi Windows Vista

462 views

Sistem Operasi Windows Vista – Masih membahas tentang sistem operasi windows, jika sebelumnya sudah pernah membahas windows 2000 dan windows xp, kali ini versi windows sesudahnya yakni Windows Vista yang dirangkum dari wikipedia dan berbagai sumber lain di internet.

Sistem Operasi Windows Vista

Sistem Operasi Windows Vista

Windows Vista merupakan produk Microsoft yang dikeluarkan pada 8 November 2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari 2007 untuk pengguna rumahan. Sebelum dinamai Windows Vista, dikenal dengan ‘codename Longhorn’. Versi Windows Vista diantaranya, Windows Vista Starter, Windows Vista Home Basic, Windows Vista Home Premium, Windows Vista Business, Windows Vista Enterprise dan Windows Vista Ultimate dengan kelebihan fiturnya masing-masing versi.

Spesifikasi Install Windows Vista

  • Prosesor 800 MHz (req), 1GHz/Dual Core (rec)
  • RAM 512 MB (req), 1GB (rec)
  • GPU mendukung DirectX 9
  • GPU Memory 64 MB RAM (req) 128 MB RAM(Rec)
  • HD space 15 GB
  • VGA (800 x 600)
  • CD-ROM

Fitur Windows Vista

a. Fitur End-User
Adanya penambahan fitur baru dari versi seperti Windows Aero. Windows Aero, juga dikenal sebagai Aero Glass, menambahkan dukungan untuk grafik 3D (dikenal sebagai Flip 3D), jendela transparan, animasi, dan efek visual lainnya.

Penambahan fitur lain yakni Windows Shell, Fasilitas Pencarian (Quick Search), Windows Sidebar, Internet Explorer 7+, Windows Media Player 11, Windows Media Center, Windows Live Show, User Account Control, Windows Firewall With advanced security, Windows Defender, Windows Mail, Windows Update, Parental Control, Windows Sideshow, Speech recognition, New Fonts, Games, Windows Calendar, Windows Photo Gallery, Windows DVD Maker, Windows Collaboration, SuperFetch, ReadyBoost, ReadyDrive, Touchscreen, Problem Reports and Solutions, Virtual Folder

b. Teknologi Inti
Windows Vista dimaksudkan untuk diluncurkan sebagai produk berbasis-teknologi, sebagai sistem yang solid yang mencakup teknologi-teknologi baru tingkat tinggi.

c. Teknologi bagi Developer
Pembangunan API (Application Program Interface) baru signikan di dalam inti sistem operasi, khususnya penambahan .NET Framework, pembangunan benar-benar baru bagi arsitektur audio, jaringan, pencetakan (print), dan antarmuka video, perubahan besar dalam infrastruktur keamanan, peningkatan bagi instalasi program aplikasi (“ClickOnce” dan Windows Installer 4.0), model baru untuk device driver (“Windows Driver Foundation”), Transactional NTFS, serta pembaruan besar-besaran bagi banyak sub-sistem inti seperti Winlogon dan CAPI.

d. Fitur XP yang dihilangkan
Beberapa fitur dan komponen Windows XP yang digantikan ataupun dihilangkan dari Windows Vista, seperti penghilangan Windows Messenger dan MSN Explorer, dan penggantian NetMeeting dengan Windows Collaboration. Tidak adanya theme Luna Windows XP dan penarikan dukungan untuk teknologi motherboard lawas seperti EISA dan APM.

Kelebihan Windows Vista
a. Tampilannya visual lebih bagus dari versi windows sebelumnya karena adanya Aero
b. Mendukung dirrectX 10, membuat gerakan dan grafis game menjadi lebih halus
c. Perbaikan dan penambahan fitur yang lebih canggih seperti Clear, Confident and Connected
d. Built – in Support Option yang memberikan keleluasaaan lebih kepada pengguna
e. Mode pencarian file yang lebih mudah/live search
f. Mendukung partisi harddisk secara virtualisasi
g. Security lebih baik

Kekurangan Windows Vista
a. Karena tampilan efek 3D Aero yang banyak bila digunakan di komputer spek rendak akan terasa lambat.
b. Ukuran source code terlalu besar, sehingga menyita banyak ruang memori PC dan tentunya kinerja menjadi lambat.
c. Fitur – fitur canggihnya bekerja optimal hanya pada lingkungan windows
d. Dukungan Driver yang minim.
e. Banyaknya program yang tidak kompatible.
f. Sistem dianggap tidak stabil.
g. Adanya fitur yang dibatalkan seperti WinFS, Windows Power Shell, PC-to-PC Sync dll

Nah itu tadi sedikit penjelasan Mengenal Windows Vista, semoga bermanfaat bagi yang dapet tugas..

Hosting Unlimited Indonesia