Mengenal Sistem Operasi Komputer

630 views
sistem operasi

Mengenal Sistem Operasi pada Komputer – Pada kesempatan kali ini Blogger Gubug akan sedikit menjelaskan tentang sistem operasi pada komputer. Saat ini banyak orang diluar sana yang sudah menggunakan komputer, namun tak jarang dari mereka yang mengerti apa dengan arti sistem operasi. Mereka hanya menggunakan dan secara tidak sadar yang digunakan dalam pekerjaan sehari-hari adalah suatu sistem operasi, entah itu handphone, laptop atau komputer. Nah berikut penjelasan mengenai sistem operasi, kususnya pada komputer.

Apa itu Sistem Operasi?

Sistem Operasi dalam bahasa inggris operating system atau OS merupakan perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Sistem Operasi juga bisa didefinisikan sebagai perangkat lunak yang bertindak sebagai perantara antara pemakai komputer ( user ) dengan perangkat keras ( hardware ). Pemakai komputer sendiri dibagi menjadi tiga yakni Common User (pengguna komputer biasa), Programmer (seseorang yang membuat aplikasi / program), dan Aplication (seseorang pengguna komputer).

Tujuan Sistem Operasi
a. Menjalankan program-program dari user dan membantu user dalam menggunakan komputer.
b. Menyediakan sarana sehingga pemakaian komputer menjadi mudah (conveinent).
c. Memanfaatkan perangkat keras komputer yang terbatas secara efisien (resource manager).

Fungsi Sistem Operasi
a. Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan komputer.
b. Mengatur memori.
c. Mengatur proses input dan output data.
d. Memanajemen file.
e. Memanajemen direktori.

Komponen Sistem Komputer
a. Hardware berfungsi menyediakan “basic computing resources” (CPU, memori, I/O devices).
b. Sistem operasi berfungsi mengendalikan / mengkoordinasi pemakaian hardware oleh aplikasi / program dari user.
c.Applications Programs menggunakan system resources untuk penyelesaian masalah komputasi dari users (compilers, database system, video games, bussines programs).
d. User (people, machines, other computers).

Bagian Sistem Operasi Secara Umum

a. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
b. Kernel, merupakan inti dari sebuah Sistem Operasi
c. Command Interpreter atau shell, bertugas membaca input dari pengguna
d. Pustaka-pustaka, yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
e. Driver, untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking Operating System (misalnya keluarga sistem operasi UNIX).Blogger Gubug

Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS.

 
Sebagai contoh, yang dimaksud sistem operasi itu antara lain adalah Windows, Linux, Free BSD, Solaris, Mac OS, palm, symbian, android dan sebagainya. Ok sekian dulu posting kali ini, semoga bermanfaat  😉

Hosting Unlimited Indonesia