Mengenal Sistem Operasi Android

472 views

Mengenal Sistem Operasi Android – Jika sebelumnya sudah pernah posting mengenai sistem operasi windows, linux dan macintosh  nah pada posting kali ini Pengertian dan Sejarah OS Android yang dirangkum dari wikipedia.org dan android-indonesia.com. Mungkin kebanyakan dari anda sudah menggunakan smartphone yang bersistem operasi android kali ya. Untuk lebih mengenal android simak penjelasan berikut.

Pengertian Android

pengertian dan sejarah android

Android berasal dari bahasa Yunani, yaitu “andr” yang artinya “laki-laki”, dan “eides” yang artinya “dari spesies; menyerupai”. Dan dalam perkembangannya, Android menjadi nama sistem operasi ponsel yang di pilih oleh Google.

Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Sejarah Sistem Operasi Android

Pada tahun 2005 Google membeli sebuah perusahaan kecil yang bernama Android Inc, yang didirikan oleh Andy Rubin (yang sekarang menjabat sebagai direktur Google Mobile Platform). Perusahaan ini bergerak di bidang Aplikasi ponsel. Google menyadari, Andy Rubin yang berkutat di Android adalah orang yang paling mengerti tentang Android, olehnya itu ia dipercaya untuk tetap memimpin perusahan tersebut.

Saat itu digelar meeting, untuk mendengarkan visi dan misi dari Android yang dibawakan oleh Andy Rubin. Dalam meeting tersebut hadir VP Engineering Google, Vic Gundotra. Ketika meeting baru mulai dan Andy siap memaparkan apa itu Android, Vic langsung menyela dengan pertanyaan :

 “Andy, apa dunia ini benar masih butuh Mobile Operating System yang lain?”

Usaha Google adalah di mesin pencari dan iklan, dan mesin pencari Google sudah ada disetiap Smartphone. Saat ini di dunia sudah ada banyak Operating System, ada Windows Mobile, Blackberry, Symbian, dan ada rajanya Smartphone, Apple dengan iPhone or iOS-nya, belum lagi Operating System kecil lainnya. Andy menjelaskan demikian, ada 2 point utama kenapa Android harus dibuat.

Point Pertama
Saat ini kita sedang kritis, dan butuh sebuah Operating System yang free dan terbuka (open source) supaya setiap developer bisa dengan bebas berinovasi di setiap level di dalamnya. Dengan cara ini para pembuat handset atau vendor bisa membuat handset sesuai keinginannya, boleh layar 2″, 3″ atau 4″. Boleh pakai keyboard, boleh tidak, boleh ada kamera depan atau tidak. Dan nanti semua operator bisa ikut bergabung bersama sesuai kemampuan mereka, boleh 2G, 3G, 4G, LTE, Wimax, boleh CDMA boleh GSM dan lain sebagainya. Akhirnya nanti adalah konsumen yang diuntungkan, mereka bisa menentukan sendiri handset Smartphone Android mana yang terbaik menurut mereka, sesuai kebutuhan, kemampuan dan operator yang menjadi pilihan mereka.

Point Kedua
Karena kini Google adalah raksasa IT, Google punya kemampuan. Kalau Google diam saja, maka dunia akan menghadapi Draconian Future (Draconian Future mengacu kepada jaman Yunani ketika seorang bernama Draco menjadi pengatur hukum di sana, dimana pelanggaran kecil saja mendapat hukuman yang berat) masa depan yang “sulit” dimana nanti di depan hanya akan ada : 1 Orang 1 Perusahaan 1 Operating System dan 1 Operator saja yang bisa jadi pilihan konsumen.

Sejak saat itu Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux.

Nah itu tadi penjelasan singkat untuk Mengenal Sistem Operasi Android. Semoga Bermanfaat 🙂

Kata kunci pencarian terakhir:

Hosting Unlimited Indonesia