Ingin Terbebas dari Bau Mulut? Konsumsi Makanan Berikut!

401 views
nafas segar terbebas dari baumulut

Makanan dan Minuman Penangkal Bau Mulut – Masalah bau mulut bisa timbul kepada siapa saja baik muda maupun tua. Terutama orang yang kurang menjaga kebersihan rongga mulutnya baik dari sisa makanan maupun bakteri yang tumbuh di dalamnya yang menimbulkan bau nafas tidak segar. Bagi anda yang ingin terhindar dari bau mulut tentu saja harus rajin menjaga kebersihan rongga mulut serta menjaganya dari pola makanan yang tidak sehat.

Untuk anda yang mengalami masalah bau mulut tidak perlu kuwatir karena ada beberapa bahan makanan sehari-hari yang mampu menangkal bau mulut seperti dikutip dari MSN berikut.

Makanan Penghilang Bau Mulut

1. Air Putih
Sebagian besar bakteri penyebab bau mulut bersifat anaerob yang artinya lebih mampu bertahan hidup pada kondisi kering. Membasahi kerongkongan sesering mungkin adalah cara ampuh menangkal bau mulut. Jangan biarkan mulut anda kering, perbanyak minum air sehingga merangsang produksi air liur yang berfungsi juga sebagai cairan pembersih.

2. Buah-buahan dengan Kandungan Vitamin C
Buah-buahan yang tinggi vitamin C mampu membersihkan mulut dari beberapa bakteri yang menyebabkan halitosis. Kandungan vitamin C dari buah-buahan seperti jeruk dan grapefruit juga membantu melawan penyakit gusi seperti gingivitis, yang jika dibiarkan akan menyebabkan bau nafas tidak sedap.

3. Teh
Penelitian menunjukkan minum teh tanpa gula, khususnya teh hitam dan teh hijau yang mengandung antioksidan bernama polifenol berkasiat membasmi bakteri penyebab bau mulut. Jika ingin nafas segar senantiasa rajinlah minum teh herbal tanpa gula.

4. Kemangi (penangkal bau sambal bawang)
Bawang merah maupun bawang putih memiliki 33 senyawa berbau tidak sedap dan membuat napas jadi bau. Penangkalnya adalah kemangi, yang bisa untuk lalap sambal bawang. Kandungan polifenolnya bisa menetralkan senyawa-senyawa penyebab bau mulut pada bawang.

5. Apel dan Bayam
Kedua bahan makanan ini mengandung serat yang berfungsi seperti sikat saat dikunyah. Mengunyah apel atau makanan berserat lainnya adalah cara ampuh untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan. Selain itu, apel dan bayam juga mengandung polifenol yang menjaga kesehatan rongga mulut.

6. Yoghurt
Selama tidak ditambah dengan pemanis, yoghurt bisa mengurangi populasi bakteri penyebab bau mulut. Berbagai penelitian bahkan membuktikan, konsumsi yoghurt secara rutin bisa mengurangi plak atau karang gigi dan risiko berbagai penyakit gigi dan mulut.

Agar nafas anda senantiasa segar jagalah kesehatan rongga mulut anda, baik dengan gosok gigi secara teratur, makan Makanan Penghilang Bau Mulut dan hindari merokok. Niscaya mulut anda akan senantiasa sehat dan sehar dan tentunya anda akan lebih percaya diri ketika berbicara dengan lawan jenisĀ  :p

Hosting Unlimited Indonesia