Defisini Sistem Informasi

470 views

Defisini Sistem Informasi – Jika sebelumnya sudah pernah membahas mengenai defisini sistem dan juga definisi informasi, Posting kali ini mengenai pengertian sistem informasi yang dirangkum dari buku karya Jogiyanto H.M dalam bukunya pengenalan komputer. Artikel ini hanya untuk arsip pembelajaran saja, tidak kurang tidak lebih. Semoga saja bermanfaat.hehe..

definisi sistem informasi

 

Pengertian Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah suatu sistem di dalam organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur-prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan yang cerdik.

 

Komponen Sistem Informasi

Sistem Informasi dapat terdiri dari komponen-komponen yang disebut dengan istilah blok bangunan (building block) dan masing-masing saling berinteraksi satu dengan yang lainnya membentuk satu kesatuan untuk mencapai sasarannya, yakni :

1. Blok Masukan (Input Block)
Input mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi. Input disini termasuk metode-metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar.

 

2. Blok Model (Model Block)
Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model aritmatika yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara tertentu untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.Blogger Gubug

 

3. Blok Keluaran (Output Block)
Produk dari system informasi adalah keluaran yang menghasilkan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkat manajemen serta semua pemakai sistem.

 

4. Blok Teknologi (Technology Block)
Teknologi merupakan kotak alat dalal system informasi. Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan sekaligus mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian sistem secara keseluruhan.

 

5. Blok Dasar Data (Database Block)
Database merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.

 

6. Blok Kendali (Control Block)
Pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk menyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalahan yang dapat langsung cepat diatasi.

 

 
Ok sampai disini duluw posting Definisi Sistem Informasi, silahkan di copas buat yang dapat tugas kuliah.hehe,,,

Hosting Unlimited Indonesia