Cara Mendeteksi Penyebab Lambatnya Komputer

507 views

Mendeteksi Permasalahan Komputer/Laptop – Seiring dengan lamanya pemakaian Komputer atau Laptop, maka kinerjanya pun akan berkurang. Baik bisa karena masalah software atau juga masalah hardware. Jika komputer anda lemot dan tak secepat dulu lagi mungkin artikel berikut bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami trouble pada komputer atau laptopnya.

penyebab lambatnya pc/laptop

 

Tips Mendeteksi Penyebab Lambatnya Komputer

1. Kapasitas Harddisk & Program yang Terinstall
Jika kapasitas harddisk sudah terpakai 90% maka pc/laptop akan mengalami penurunan performa yang drastis. Segera backup data yang  jarang digunakan ke media lain seperti flashdisk atau dvd, upayakan space yang tersisa lebih dari 20%.

Selain itu perhatikan hal berikut ini agar komputer anda tidak lemot

  • Hapus program yang jarang dipake
  • Hapus file sampah dengan CC Cleaner
  • Kurangi aplikasi start up komputer (Atur aplikasi yang dibutuhkan klik menu Start >> Run >> ketikan msconfig >> Enter >> Nonaktifkan aplikasi yang tak terlalu diperlukan.)
  • Scandisk dan Defrag secara rutin

2. Virus
Virus juga merupakan salah satu penyebab lambatnya komputer, virus melakukan interupsi pada algoritma sebuah aplikasi yang telah terinfeksi oleh virus tersebut, selain itu juga membuat service-service yang mengganggu. Solusinya rajin lah melakukan scan dengan antivirus yang up to date dan juga kurangi transfer file ke flashdisk. Jika pun ingin mentransfer data, pastikan flasdisk atau memory penyimpanan tersebut benar-benar terbebas dari virus agar komputer kita tidak terkena virus dan tentunya tidak mengganggu performa komputer.Blogger Gubug

3. Kesalahan Shutdown
Jangan pernah menekan tombol power atau mencabut colokan listri langsung ketika selesai menggunakan komputer. Gunakanlah Prosedur Menghidupkan dan Mematikan Komputer yang benar yakni dengan menggunakan menu shutdown pada windows.

Akibat jika anda melakukan kesalahan saat shutdown mula mula ketika komputer sudah agak lama dipakai akan hank sendiri dan lama-kelamaan sistem operasi tidak berjalan normal, sehingga sistem operasi harus diinstall ulang. Atau yang lebih parah lagi kerusakan pada harddisk (Bad Sector), dan tentu saja jika sudah terlalu parah harus membeli harddisk yang harganya cukup mahal.

4. Komputer/Laptop Panas
Jika komputer atau netbook baru sebentar digunakan cepat panas, bisa dipastikan sistem pendinginnya tidak berkerja dengan baik dan tandanya kipas berbunyi kencang. Dan jika sudah terlalu parah terkadang komputer akan restart terus menerus, kalaupun bisa masuk ke windows biasanya hanya mampu beberapa menit. Solusinya segera ganti kipas pendingin pada komputer atau laptop anda.

5. Permasalahan Input/Output
Jika port komputer seperti port VGA, Printer, Lan Card dan lain-lain tidak berfungsi dengan baik yang pertama harus dilakukan adalah membersihkannya terlebih dahulu sebelum mengklaim bahwa komponen ini rusak. Karena pada umumnya input port yang kotor oleh debu dan dimasukan ke port komputer maka secara langsung akan menghambat transfer data. Bersihkan secara rutin perbulan dengan menggunakan kuas.

Nah itululah permasalahan umum penyebab lambatnya komputer atau laptop. Jika anda sudah tahu, tidak ada salahnya kelak untuk mengantisipasi sendiri sebelum meminta bantuan ke teknisi. Namun jika dirasa permasalahan komputer anda tidak mampu diatasi sendiri, maka bawalah ke ahlinya.

Hosting Unlimited Indonesia