Cara Alami Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

595 views

Cara Alami Mencegah Bau Mulut Saat Puasa – Dikala sedang puasa, problem nafas tak sedap pasti akan terjadi. Hal tersebut dikarenakan bakteri-bakteri di dalam mulut dan lambung yang sedang berpesta pora dengan makanan yang tertinggal di dalam perut, yang kemudian tidak segera diregenerasi karena puasa berarti menahan lapar dan haus. Air putih sendiri juga membantu, tetapi karena tak boleh minum, jadinya bakteri tumbuh subur dengan bahagianya.

cegah bau mulut saat berpuasa

Bau mulut tentu saja membuat kenyamanan berkurang dan tentu saja mengurangi rasa percaya diri. Nah bagi anda yang ingin menghilangkan bau mulut terutama yang sedang berpuasa berikut tipnya.

Tips Mencegah Bau Mulut

1. Minum air putih
Minum ait putih yang cukup pada saat sahur dan berbuka untuk mencegah mulut kering. Salah satu penyebab bau mulut pada saat berpuasa disebabkan oleh mulut mengalami kekeringan akibat kurangnya cairan ludah .

2. Gosok gigi
Dua sumber utama bau mulut ialah bakteri dan sisa makanan yang membusuk, maka dari itu diperlukan perawatan yang teratur dengan cara menyikat gigi, bisa juga menggunakan dental floss, untuk bisa menjangkau sisa makanan yang terselip di antara gigi serta menggosok lidah Anda secara menyeluruh setelah sahur.

3. Minum Teh hijau
Teh hijau diketahui memiliki kandungan zat polyphenol yang dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut. Rajinlah minum teh hijau saat sahur dan berbuka puasa.

4.Kurangi makanan manis
Makan makanan manis setelah seharian berpuasa memang bagus, namun bila terlalu banyak juga tidak bagus kususnya pada kesehatan gigi dan mulut. Kurangi makanan yang mengandung banyak gula, karena makanan manis bisa menyebabkan nyeri pada gigi berlubang sehingga dapat menimbulkan bau mulut.

5. Konsumsi Tomat
Tomat mengandung ion-ion yang mampu mengurangi bau sulfur, dan bau tak sedap pada nafas. Konsumsi 2-3 buah tomat pada saat sahur dan berbuka puasa untuk mencegah bau nafas tak sedap. Anda bisa mencampurkannya pada sayur atau mengonsumsinya sebagai irisan buah dan jus.

6. Konsumsi Yogurt
Mengonsumsi yogurt sepanjang puasa, akan membantu menumpas bakteri jahat di dalam mulut dan di dalam pencernaan.  Disarankan memilih yang plain saja, karena tidak tercampur pemanis dan pewarna buatan. Selain itu, jumlah kalorinya juga berkurang sehingga Anda tak perlu khawatir akan berat badan bertambah.

7. Konsumsi Wortel
Mengonsumsi wortel mentah juga bisa mengurangi bau mulut, terutama yang disebabkan oleh sisa-sisa makanan di sela gigi. Ketika mengunyah, air liur akan membantu membersihkan gigi. Sedangkan serat wortel, merupakan sikat gigi alami yang aman membersihkan gigi dan gusi dengan cara efektif.

8. Hindari Cokelat.
Cokelat adalah makanan yang bersifat diuretik . Akibatnya, mulut akan cepat mengalami kekeringan.

Nah itulah tips menghilangkan nafas tidak segar saat berpuasa, silahkan anda praktikkan agar aktifitas anda selama berpuasa tidak terganggu hanya karena bau mulut tidak sedap. Selain dengan cara diatas cobalah beberapa Makanan Penangkal Bau Mulut.

Hosting Unlimited Indonesia