Pengertian, Klasifikasi dan Manfaat Jaringan Komputer

Pengertian, Klasifikasi dan Manfaat Jaringan Komputer
Pengertian, Klasifikasi dan Manfaat Jaringan Komputer - Pada posting kali ini Blogger Gubug akan memberikan pembelajaran komputer kususnya masalah jaringan komputer yang dirangkum dari berbagai sumber internet dan juga beberapa buku modul. Artikel ini hanya untuk pembelajaran dan juga sebagai arsip saja, tidak ada maksud lain. Barangkali akan berguna bagi anda yang sedang mendapat tugas untuk materi jaringan.hehe..


Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang dirancang untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan dapat mengakses informasi. Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksiny (wikipedia).

Klasifikasi Jaringan Komputer

1. Jaringan Komputer berdasarkan Letak Geografis
  • Local Area Network (LAN) atau jaringan wilayah lokal merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau tempat yang berukuran sampai beberapa 1 - 10 kilometer.

  • Metropolitan Area Network (MAN) atau jaringan wilayah metropolitan merupakan perluasan jaringan LAN sehingga mencakup satu kota yang cukup luas, terdiri atas puluhan gedung yang berjarak 10 - 50 kilometer. Kabel transmisi yang digunakan adalah kabel serat optik (Fiber Optic).

  • Wide Area Network (WAN) atau jaringan wilayah luas merupakan jaringan antarkota, antar propinsi, antar negara, bahkan antar benua. Jaraknya bisa mencakup seluruh dunia, Media transmisi utama adalah komunikasi lewat satelit, tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar negara.

2. Jaringan Komputer berdasarkan Fungsi
  • Jaringan Klien-server (Client-server) adalah suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya.

    Kelebihannya jaringan client server lebih aman, semua data dapat dibackup pada satu lokasi sentral, kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation. Sementara kekurangan client server yakni membutuhkan administrator yang handal, biaya mahal dan jika server mati maka komputer clent akan mati juga

  • Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer) adalah  jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Kelebihan jaringan ini adalah biaya tidak terlalu mahal dan tidak membutuhkan administrator yang handal. Untuk kelemahannya adalah tidak cocok untuk network skala besar dan keamanan kurang.

3. Jaringan Komputer berdasarkan Topologi
  • Topologi bus
  • Topologi bintang
  • Topologi cincin
  • Topologi mesh
  • Topologi pohon
  • Topologi linier

4. Jaringan Komputer berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/Data
  • Jaringan terpusat, jaringan ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer peladen.

  • Jaringan terdistribusi, merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.
  • Blogger Gubug

5. Jaringan Komputer berdasarkan Media Transmisi Data
  • Jaringan Berkabel (Wired Network)
    Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

  • Jaringan Nirkabel
    Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

Manfaat Penggunaan Jaringan Komputer

1. Berbagi Perangkat Keras (Resource Sharing)
Perangkat keras seperti hard disk, printer dan bahkan modem dapat digunakan oleh sejumlah komputer tanpa perlu melepas dan memasang kembali. Piranti cukup di pasang pada sebuah peralatan khusus dan semua komputer dapat mengaksesnya, cara seperti ini dapat menghemat biaya dari pada harus membeli hardware komputer untuk masing-masing komputer.

2. Berbagi Program dan Data (Reliabilitas tinggi)
Program atau data dapat disimpan pada sebuah komputer yang bertindak sebagai server (melayani komputer-komputer yang membutuhkan informasi, baik program atau data). Penempatan data pada server juga memberikan keuntungan yaitu dapat menghindari duplikasi data, apabila ada perubahan data oleh seseorang maka akan segera diketahui oleh orang lain.

3. Mendukung Kecepatan Berkomunikasi (Real Time)
Dengan adanya jaringan komunikasi informasi dapat dilakukan lebih cepat, para pemakai kumputer dapat bertukar atau mengirim informasi dengan mudah dan bahkan dapat mengirim tulisan secara langsung (chating) ataupun telekonferensi.

4. Memudahkan Pengaksesan Informasi
Dengan jaringan komputer memudahkan dalam mengakses program, data atau informasi yang ada pada server.


Nah itu tadi sedikit penjelasan mengenai Pengertian, Klasifikasi dan Manfaat Jaringan Komputer. Semoga bermanfaat, kususnya bagi yang sedang mendapat tugas  :D